RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan: SMAN 1 Bireuen
Mata Pelajaran: PJOK
Kelas /Semester: X/Ganjil
Tahun Pelajaran: 2022/2023
Tema: Permainan Bola Besar
Subtema: Permainan Bola Besar menggunakan Permainan Bola Basket
Alokasi Waktu: 3JP ( 1Pertemuan)
A. Kompetensi inti
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, damai), santun, responsif dan proaktif, sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasipengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitifberdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
| Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.1 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik | 3.1.1 Menganalisis variasi keterampilan gerak dalam permainan bolabasket 3.1.2 Menganalisis kombinasi keterampilan gerak permainan bolabasket 3.1.3 Menganalisis bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket 3.1.4 Menemukan hubungan keterampilan gerak. 3.1.5 Menganalisis keterampilan gerak permainan bola besar melalui permainan bola basket |
4.1 Mempraktik-kan hasil analisis keterampilan gerak salah satu per-mainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik | 4.1.1 Menerapkan berbagai keterampilan gerak permainan bola besar melalui permainan bolabasket dalam bermain secara beregu dengan menunjukkan sikap kerjasama, disiplin, dan sportifitas. 4.1.2 Mempraktikkan keterampilan analisis permainan bola besar melalui permainan bola basket |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
1. Memelihara kesehatan tubuh.
2. Menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup aktif.
3. Saat bermain menunjukan permainan tidak curang.
4. Dalam melakukan aktivitas fisik yang dilakukan secara berkelompok, beregu, dan berpasangan memperhatikan kondisi teman, baik fisik atau psikis.
5. Mengikuti, peraturan, petunjuk atau arahan yang telah diberikan guru.
6. Menganalisis dan mempraktikkan variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui permainan bolabasket dengan baik.
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Fakta:
➢ Bolabasket masuk di Indonesia setelah perang dunia ke-II dibawa oleh perantau- perantau Cina dan berkembang dengan cepat sehingga pada PON ke I tahun 1948 di Surakarta, bolabasket telah dicantumkan dalam acara resmi. Persatuan Basket-Ball seluruh Indonesia (PERBASI) berdiri pada tanggal 23 Oktober 1951, kemudian diubah menjadi persatuan bolabasket seluruh Indonesia dengan singkatan tetap PERBASI
b. Konsep
➢ Menggiringbolaadalahsalah satuteknikmengontrolbolayang dilakukan dengancaraboladigiringdengan dipantul-pantulkan ke tanahmenggunakansatutangandarisatutempatke tempatlainatau digriringmendekatidaerahlawanagarbolatidakdirebutlawan.Prinsip menggiringbolaadalahbolaselalu dekatdenganpenggiringboladan jauhdarilawan
➢
c. Prinsip
➢ Menganalisis keterampilan gerak Permainan bola besar melalui permainan bola basket
d. Prosedur
➢ Menerapkan berbagai keterampilan gerak permainan bola besar melalui permainan bolabasket dalam bermain secara beregu dengan menunjukkan sikap kerjasama, disiplin, dan sportifitas.
➢ Mempraktikkan keterampilan analisis permainan bola besar melalui permainan bola basket
2. Materi pembelajaran remedial
➢ Analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,
➢ Menemukan penyebab kesulitan,
3. Materi pembelajaran pengayaan
➢ Memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya, melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa
E. Metode Pembelajaran
▪ Pendekatan: Saintifik
▪ Metode: Mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
▪ Model: Discovery learning
▪ Inclusive (cakupan).
▪ Demonstrasi.
▪ Part and whole (bagian dan keseluruhan).
▪ Resiprocal (timbal-balik).
▪ Pendekatan Pembelajaran Kontekstual.
F. Media/alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
➢ Media LCD projector,
➢ Laptop,
➢ Bahan Tayang
➢ Ruang terbuka yang datar dan aman lapangan bolabasket
➢ Bola Basket
➢ Cone/corong ± 10 buah
➢ Stopwatch
➢ Gambar : gerakkan permainan bola besar.
➢ Model : peragaan oleh guru atau peserta didik yang sudah memiliki kemampuam permaianan sepakbola
2. SumberBelajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,Olahraga, dan Kesehatan Kelas X Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3. Modul/bahan ajar,
4. internet,
5. Buku Teks yang relevan
G. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit) | |
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi(Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)). • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas IX • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari. • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung • Mengajukan pertanyaan. Pemberian Acuan • Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari • Menyampaikan garis besar cakupan materi • Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan • Membagi peserta didik menjadi 8 Kelompok (dengan setiap anggota kelompok berjumlah 4 - 5 orang). | |
Kegiatan Inti | | | Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian(Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Melihat (tanpa atau dengan alat)/Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) Menayangkan gambar/foto tentang ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Mengamati Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) Peserta didik bersama kelompoknya melakukan pengamatandari permasalahan yang ada di buku paket berkaitan dengan materi ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),(Literasi) Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Menyimak,Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter) Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai : ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket | | Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajarBerpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter) ❖ Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaanberdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket; ❖ Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya; ❖ Mengajukan pertanyaan tentang : ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya : | | Peserta didik mengumpulkan berbagai informasi(Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab dan pantang menyerah (Karakter),literasi (membaca)yang dapat mendukung jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, baik dari buku paket maupun sumber lain seperti internet; melalui kegiatan: ❖ Mengamati obyek/kejadian, ❖ Wawancara dengan nara sumber Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait materi pokok yaitu ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Membaca sumber lain selain buku teks, Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ➢ Menembak bola ke gawang ❖ Aktivitas:(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),) ➢ Buatlah analisis gerak secara sederhana • Bermain secara sederhana. ❖ MendiskusikanBerpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter) ❖ Saling tukar informasi tentang : ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. | | Pendidik mendorong agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah(Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),) Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah)apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal. ❖ Berdiskusi tentang data : ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya. ❖ Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja. ❖ Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket | | Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan : ❖ Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik. | | Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan ❖ Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan ❖ Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan ❖ Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya. ❖ Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang ➢ Variasi Keterampilan Gerak Dalam Permainan Bolabasket ➢ Kombinasi Keterampilan Gerak Permainan Bolabasket ➢ Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket ❖ Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. ❖ Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa. ❖ Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran |
| |
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | |
Kegiatan Penutup Peserta didik : • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. • Mengagendakan pekerjaan rumah. • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : • Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan sementara berdasarkan hasil temuan tentang konsep pertidaksamaan rasional dan irasional, melalui reviu indikator yang hendak dicapai. • Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya • Memberi salam. | |
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Sikap
1) Observasi (Jurnal)
2) Penilaian Diri
3) Penilaian Antar Teman
b. Pengetahuan
1) Tes Tertulis
- Uraian/esai
2) Tes Lisan
➢ Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
c. Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
➢ Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
➢ Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
➢ Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
➢ Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
❖ Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
❖ Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
➢ Analisis hasil diagnosis kesulitan belajar,
➢ Menemukan penyebab kesulitan,
b. Pengayaan
❖ Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
❖ Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
❖ Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
➢ Memberikan kesempatan menjadi tutor sebaya, mengembangkan latihan praktis dari materi yang sedang dibahas, membuat hasil karya, melakukan suatu proyek, membahas masalah, atau mengerjakan permainan yang harus diselesaikan siswa
Mengetahui Kepala Sekolah SMAN 1 Bireuen
NIP. 196610081994122001 | Bireuen, 12 Maret 2025 Guru Mata Pelajaran, RIZALUL FURQAN NPM. 2206104020003 |
| |
Komentar
Posting Komentar